Conversations with the Earth

Tuesday, July 30, 2019

Menambahkan skala gambar dengan ImageJ

Tutorial ini bertujuan untuk membubuhi skala pada gambar. 
1. Install software ImageJ yang dapat di download secara gratis di laman ini 
2. Buka gambar yang akan diberikan skala dengan menggunakan menu File > open.



3. Kita harus mendefinsikan skala terlebih dahulu untuk gambar akan kita proses. Pada gambar di bawah, saya membuat garis lurus yang dari angka 0 hingga 1 cm pada penggaris, dengan cara mengklik gambar garis (straight line). Setelah garis lurus selesai dibuat, klik ""Analyze > measure

4. Akan keluar menu box yang menunjukkan nilai mean, median, max, angle dan length. Kita hanya akan fokus pada Panjang garis, sehingga hanya akan menggunakan menu "length." Jika tampilan dalam tutorial ini, maka pembaca dapat mengeluarkan opsi lain pada "analyze > set measurements." Saya biasanya menggunakan opsi perimeter untuk mengukur keliling dari suatu obyek (biasanya bermanfaat untuk studi saya pada inklusi fluida --> detail ada link laman ini  )

5. Setelah mengetahui Panjang dalam satuan pixels, kita konversi Panjang 1 cm pada penggaris tersebut ke dalam pixel. Kita gunakan menu "analyze > set scale"

6. Kita tahu bahwa 1 cm = 1020 pixel, sehingga kita masukkan data pengukuran tersebut ke dalam kolom. Jika kita ingin menunjukkan satuan panjang dalam ukuran centimeter, kita cukup tulis cm. Jika akan menampilkan skala dalam meter, cukup tulis m pada kolom unit of length. 

7. Langkah sudah hampir selesai, kita munculkan skala dengan menggunakan opsi "analyze > tools > scale bar"

8. Atur posisi skala, angka yang akan ditunjukkan, ukuran huruf, tebal atau tipis skala.

9. Jika kita akan menggunakan satuan micrometer pada skala gambar, cukup tuliskan micron pada unit of length.

10. Jika ingin mengkonversi perbesaran mikroskop menjadi skala, mula-mula foto obyek yang kita ketahui panjangnya (misalkan penggaris, kotak milimeter block, dll), kemudian konversi panjang x lebar foto atau gambar mikroskop dengan langkah-langkah di atas. Saya ambil contoh konversi lensa obyektif mikroskop yang pernah saya pakai (Olympus BX40) yang menggunakan kamera Canon EOS450D. Selamat mencoba!



Share:

4 comments:

  1. Halo Pak Andy, saya Emilia dr Geologi ITB kebetulan saya lihat di twitter bapak membimbing mahasiswa ITB untuk TA, kalau boleh tau bapak membimbing mahasiswa prodi apa?.

    Saya kebetulan tertarik dengan mineralogi dan mau mengambil TA mengenai alterasi, mineralisasi dan ada rencana inklusi fluida gitu, dan saya tertarik dengan bahasan di blog bapak mengenai inklusi fluida.

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Emilia, bimbingan sy kmaren dr prodi Teknik Pertambangan. Klo pgn mampir, sy di Gd Energi Lt 3. Thx buat interestnya

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi oleh penulis sebelum tayang. Terima kasih

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *