Conversations with the Earth

Endapan mineral di Finlandia dan Swedia

Perjalanan saya ke lingkaran kutub utara

Atlas of ore minerals: my collection

Basic information of ore mineralogy from different location in Indonesia

Sketch

I always try to draw a sketch during hiking

Apa itu inklusi fluida?

Inklusi fluida adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan adanya fluida yang terperangkap selama kristal tumbuh. Gas dan solid juga bisa terperangkap di dalam mineral.

Situ Cisanti di Pengalengan, Bandung

50 km dari Bandung, Situ Cisanti terkenal karena menjadi sumber mata air sungai Citarum

Monday, August 28, 2017

Video 6 - Kecenya Replika Kapal Pengangkut Anggur Bangsa Romawi



Terletak di danau kota Neumagen Dhron, kapal Stella Noviomagi ini bukan kapal asli, melainkan replika dari kapal yang dibuat tahun 220 setelah masehi oleh bangsa Romawi. Replika dibuat karena kapal aslinya punya sejarah sebagai pengangkut produk anggur setempat. Apalagi, kota ini memang terkenal sebagai daerah penghasil anggur tertua di Jerman. Pengunjung boleh naik kapal saat hari libur, lho! 
Share:

Video 5 - Menikmati Indahnya Sungai Mosel dari Kastil Kerajaan Romawi



Berada di puncak tebing sungai Mosel, Kota Bernkastel Kues, Jerman, Kastil Landshut yang merupakan peninggalan kerajaan Romawi ini berdiri tegak dan menjadi destinasi wisata. Hebatnya, kastil berumur 740 tahun dan sempat terbakar ini tetap utuh dan kokoh. Walau restoran dan kafe kastil belum bisa didatangi karena masih dalam tahap renovasi, wisatawan tetap ramai datang untuk melihat pemadangan sungai Mosel.
Share:

Sunday, August 20, 2017

Hidup ini keras, Bung

Sarah-Kirk bla bla.. saya lupa nama lengkapnya. Afro, sepertinya dia yang memimpin kru swiss air di airport Zürich saat itu. Saya hanya transit sebentar untuk penerbangan berikutnya. Ketika saya datang untuk cek paspor dan tiket, dia meminta saya mengambil semua barang saya, mengambil tiket, dan saya diminta mengantri di sebuah kubikel berwarna hitam, "Please follow me."

Apes, cuma itu pikiran saya. Saya datang ke profesor saya, 
M:"I have to leave you for a moment, the woman right there asked me to go with her." 
P:"Why?" 
M:"I don't know yet."

Saya masuk ke kubikel berwarna gelap tidak jauh dari lokasi boarding, ruangannya terbuka, hanya tertutup saja dari luar. Sarah meminta saya duduk, di dalam seorang wanita sudah menunggu (berlogat India) meminta saya untuk menunggu petugas lain.

Datang laki-laki, berbaju security,  meminta saya melepas sepatu dan mengecek lengan, kantong celana sampai kaki. Nihil. Sarah-kirk juga tidak menemukan sesuatu yg aneh di tas dan kantong basoka berisi poster itu. Tapi saya tahu, mbak acha acha nehi-nehi mengambil sidik jari di alat elektronik saya, untuk dia cek di scanner di komputernya. Sepertinya nihil, Sarah-Kirk seperti memberi kode ke wanita India itu.

Saya diminta ke loket passport control, untuk ditanya apa tujuan saya, dimana menginap, kapan kembali ke Austria dsb, oleh petugas lainnya. Saya jawab apa adanya dan jujur, saya tanya balik dalam Jerman ke wanita itu mengapa saya diperiksa. Ketika saya tanya balik, kenapa saya di cek di kubikel itu, tidak ada jawaban, seperti pura-pura tidak mendengar. Saya ulang pertanyaan ke Sarah-Kirk. Nihil.

Profesor saya cuma bisa melihat dari jauh dan menanyakan "everythings fine?". Lewat kode tangan, saya cuma bisa menjawab geleng kepala dan angkat tangan tidak tahu.
Sarah-Kirk memberikan kembali tiket saya yang sebelumnya ditahan olehnya, dan di tiket sudah ada cap "security guard" berwarna kuning dan tulisan "HS" atau "4S", tulisannya besar tapi tak terbaca. Dia mencoret nama saya dari daftarnya, "Have a nice flight."
Bujubuset. Gitu doang.

P:"What happened?" 

M: "No explanation." Profesor saya mencoba mencairkan suasana, 
P:"Maybe you should buy a new family name, Schmidt, Meyer or anything you like. They randomly checked only from your family name."

Siiit...

Saya ambil positifnya. 3 dari ratusan penumpang menuju Montreal mendapat perlakuan ekstra, termasuk saya. Di kubikel yang sama, puluhan orang mengantri untuk keberangkatan ke Las Vegas, dan ketika saya tanya, mereka ga tahu untuk apa di cek disana. Mereka berpaspor Swiss, Jerman, dan beberapa dari Eropa Timur. nyway. Kalau memang itu gara-gara embel2 nama saya, ya sudah lah, "that's a life as a foreigner, as a minority." Suka ga suka, adil ga adil, seperti itu realitanya. 


Saya cuma bisa berdoa supaya diberi keselamatan dari Allah. Life is tough. 
At least masih dapat nasi goreng 5 langkah dari penginapan.
QC, CA
Share:

Wednesday, August 16, 2017

Video 4 - Lake Leopoldsteiner, North Alpen

 
Keluarga Ini Ajak Anaknya Trekking ke Kaki Gunung Alpen
Ingin kenalkan buah hati dengan alam? Bisa lho dengan mengajak mereka trekking. Seperti yang dilakukan keluarga Andy Hakim yang mengajak buah hatinya ke Danau Leopoldsteinersee di Austria. Selain pemandangannya indah dan udaranya sejuk, anak-anak bisa mengikuti jalur trekking yang mudah sambil melihat aneka flora dan fauna di sepanjang jalan. Wah seru banget ya!


Share:

Wednesday, August 2, 2017

Iseng-iseng jadi jurnalis di TV Indonesia

Projek iseng-iseng Vidya (dan sedikit saya) buat mengisi waktu luang*. Bermodalkan kamera Nikon yang sudah cukup berumur dan diselotip sana-sini, alhamdulillah beberapa video kami di terima NET TV dan bisa tayang di NET Citizen Journalist. Lumayan, bisa buat nabung buat ganti kamera kalau nanti kamera Nikon ini sudah pensiun. Klik gambar untuk melihat videonya. Enjoy!

Video 1 - Ajak Anak Mengeksplorasi Air dan Alam di Pulau Buatan
Bisa menyusuri ilalang, bermain air di pancuran, hingga bermain pasir kerikil! Enggak cuma sebagai wahana bermain anak, arena publik ini juga bisa mengasah indera si kecil juga lho. Berbagai arena permainan air yang asyik ini terdapat di Wasserspielplatz di kota Wina, Austria. Kalau udah main di sini, anak-anak pasti dijamin betah deh!



Ingin melihat indahnya pegunungan Alpen, cobalah berkunjung ke sini. Yup! Inilah Dachstein, salah satu puncak tertinggi pegunungan Alpen di Austria. Untuk mencapai puncaknya, kamu bisa coba naik gondola. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan salju abadi dari jembatan gantung yang panjang. Wooow!


Bingung mau ajak anak ke mana pas summer holiday kali ini? Ajak anak hiking bisa jadi pilihan. CJ Vidyasari merekomendasikan Pegunungan Alpen di kota Präbichl sebagai destinasinya. Lewat jalur yang paling pendek, bisa ajak si kecil nikmati pemandangan hutan pinus, menyusuri ilalang, dan melihat sapi yang sedang merumput. Pastinya perjalanan ini akan menjadi hiking ceria karena panorama Pegunungan Alpen luarr biasa indahnya apalagi ditempuh bersama keluarga!

Video 4 - Wisata alam bersama buah hati
Ingin kenalkan buah hati dengan alam? Bisa lho dengan mengajak mereka trekking. Seperti yang dilakukan keluarga Andy Hakim yang mengajak buah hatinya ke Danau Leopoldsteinersee di Austria. Selain pemandangannya indah dan udaranya sejuk, anak-anak bisa mengikuti jalur trekking yang mudah sambil melihat aneka flora dan fauna di sepanjang jalan. Wah seru banget ya!

 Video 5 - Menikmati Indahnya Sungai Mosel dari Kastil Kerajaan Romawi.

Berada di puncak tebing sungai Mosel, Kota Bernkastel Kues, Jerman, Kastil Landshut yang merupakan peninggalan kerajaan Romawi ini berdiri tegak dan menjadi destinasi wisata. Hebatnya, kastil berumur 740 tahun dan sempat terbakar ini tetap utuh dan kokoh. Walau restoran dan kafe kastil belum bisa didatangi karena masih dalam tahap renovasi, wisatawan tetap ramai datang untuk melihat pemadangan sungai Mosel.






Terletak di danau kota Neumagen Dhron, kapal Stella Noviomagi ini bukan kapal asli, melainkan replika dari kapal yang dibuat tahun 220 setelah masehi oleh bangsa Romawi. Replika dibuat karena kapal aslinya punya sejarah sebagai pengangkut produk anggur setempat. Apalagi, kota ini memang terkenal sebagai daerah penghasil anggur tertua di Jerman. Pengunjung boleh naik kapal saat hari libur, lho!



Kalo kamu ke Jerman, jangan lupa mampir ke Geopark yang berlokasi di Eifel ya! Danau hasil letusan gunung berapi ini jadi salah satu lokasi kunjungan dan riset untuk mahasiswa Geologi di Eropa lho! Kamu pun bisa menikmati keindahan danau ini sambil hiking dan melihat pemandangannya dari atas menara pantau. Gimana, tertarik belajar geologi sambil berwisata di sini?

 

Video 8 - Gruener See, Destinasi Wisata Paling Kece di Austria
Ini dia pesona Danau Gruener See, tempat wisata paling kece di Tragoess, Austria. Danaunya jernih dengan air yang kehijauan. Air danaunya berasal dari lelehan salju pegunungan Hochschwab, Alpen, jadi sebening kristal deh! Keindahan danau ini dijamin bikin kamu betah duduk atau bermain di tepi danau. Bisa juga lihat bebek atau angsa liar yang mencari makan di danau.


Video 9 - Memotret Château Frontenac di Kota Tua Quebec Kanada
Ini lho gedung hotel mewah yang paling banyak di foto di dunia, namanya Château Frontenac. Hotel ini dibangun sejak akhir abad ke-17 dan mempunyai 600 kamar dengan 18 lantai. Hotel ini berlokasi di tepi sungai St. Lawrence dan terletak di atas bukit di kota Quebec, Kanada. Di Quebec kita juga bisa melihat arsitektur Notre Dame Des Victoires yang merupakan sebuah gereja tua. Indah banget ya!


Video 10 - Gagahnya Benteng Porta Nigra, Warisan Dunia di Kota Tier
Tahu enggak masih ada peninggalan kerajaan romawi yang masih kokoh berdiri sejak tahun 50 SM? Ada di kota Trier, Jerman lhoo. Kamu bisa melihat megahnya benteng Porta Nigra, Basilika, rumah Karl Max, Sankt Peter Katedral atau Trier Dom dan Amphiteater Gladiator. Disini kamu dapat memegang pedang, memakai pelindung kepala dan badan, perisai dan bertarung layaknya prajurit romawi. Seru!!


Dan akhirnya, senjata kami untuk membuat video.... Nikon AW100! Walaupun bekas, alhamdulillah masih bermanfaat buat kami, maklum belum ada dana buat upgrade, hehe

Footnotes
*Vidya ga terima kalau NET CJ ini projek waktu luang, soalnya tiap dia ngerjakan video, selalu nunggu anak tidur atau waktu setelah solat subuh. hehe
Share:

Tentang Penulis

My photo

Apa artinya hidup kalau tidak memberi manfaat untuk orang lain. Mari kita mulai dengan membagi ilmu yang kita ketahui dengan orang lain. Suatu saat, kita akan meninggalkan dunia ini, namun tidak dengan ilmu dan karya kita. Mari mulai berkarya, mari memberi semangat ke sekitar, mari menulis karena menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Blog Archive

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *