Conversations with the Earth

Thursday, July 17, 2014

Siapa sih di balik blog ini?


"Nama saya Andy Yahya Al Hakim, panggil saja saya Mas Andy atau Mas Yahya kalau anda lebih muda, tapi jangan panggil saya Pak." 

Cita-cita awal dari blog ini adalah memberikan gambaran tentang ilmu geologi, terutama bagi orang-orang yang memang "awam" dengan geologi. Saya coba menulis dalam bahasa yang sederhana supaya bisa dicerna oleh berbagai kalangan. Beberapa bagian dari blog ini menceritakan kehidupan sehari-hari saya tentang pengalaman bersepeda, tulisan untuk memotivasi (minimal buat diri sendiri, syukur-syukur bisa untuk orang lain), serta beberapa koleksi foto.
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (2012)
Museum batubara, Fukuoka (2013)

Saya lahir di sebuah desa kecil di kaki Gunung Kelud seperempat abad yang lalu, besar di kota bunga, Malang, dan akhirnya pindah dan menetap di Bandung. Saya menamatkan program sarjana di Tambang Eksplorasi ITB, melanjutkan di tempat yang sama untuk program magisterSejak lulus magister tahun 2013, saya bekerja menjadi Asisten Akademik di Kelompok Keahlian Eksplorasi Sumberdaya Bumi, Teknik Pertambangan ITB.
Eksplorasi batubara di Tapanuli Selatan (2012)

Sejak awal tahun 2015, saya menempuh program Doktor di bidang economic geology di sebuah sekolah tambang bernama Montanuniversität Leoben, Austria di kaki Alpen untuk mendalami ilmu mineralogi bijih. Mimpi besar saya adalah menjadi seorang mineralogis Indonesia yang handal, yang kelak bukan hanya berkarya di bidang kebumian, tapi mengintegrasikan dengan ilmu yang lain. Mengapa? Karena mineral dan batuan tidak hanya selalu berkaitan dengan geologi tentang dongeng pengantar tidur, namun sebagai media untuk memahami aspek lingkungan, kebencanaan, material, rekayasa sipil dan lain-lain.
Saya diberi kesempatan memberikan kuliah lapangan saat ekskursi di Genesa Bahan Galian oleh Teknik Pertambangan ITB di Tasikmalaya (2013)

Hobi saya adalah membaca, menulis, dan menghabiskan waktu di alam dengan bersepeda atau dengan hiking. Saya sangat menyukai karya Pramoedya Ananta Toer, dan terinspirasi oleh orang-orang hebat yang tumbuh dekat dengan alam, seperti Soe Hok Gie, Norman Edwin dan legenda pesepeda jarak jauh Indonesia yang masih aktif hingga saat ini, Bambang "Paimo" Hertadi Mas. Baru-baru ini, saya menambah lagi tokoh favorit saya karena kejujurannya, tokoh Max Havelaar-karya Douwess Dekker, dan  juga Pak Hoegeng Imam Santoso, Kapolri tahun 1970an, polisi jujur yang semoga bisa ber-reinkarnasi menjadi polisi-polisi jaman sekarang.
Situ Cisanti, Bandung (2014)

Apoteker dan istri hebat saya, Vidyasari adalah semangat hidup saya. Dan juga anak saya, yang saya beri nama Aqila Vanda Nusantara, dengan doa supaya kelak dia akan menjadi seorang wanita yang cerdas yang akan berbakti untuk tanah airnya, Nusantara. Adik saya, Achmad Rofi Irsyad sekarang sedang menempa diri di Tokyo, Jepang. 
Umi Anis, Vidya dan Aqila (2014)
Motivasi hidup? Saya ingin membagi sebanyak-banyaknya apa yang saya punya, karena kelak saya ingin bermakna bukan hanya untuk generasi ini, namun juga untuk generasi berikutnya. Guru bukanlah dewa yang selalu benar, dan murid bukan kerbau. Saya bukan guru yang tahu semuanya, karena anda mungkin jauh lebih paham dan kelak bisa jadi guru saya.  
Grossglockner Highway, Alpen, Austria (2015)
 “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian" - Pramoedya Ananta Toer
Mineralogy and Petrology Conference, Leoben, Austria (2015)
Tambang besi "siderit" Erzberg (SEG field trip, 2016)
Drei Zinnen, Alpen di sisi Italia (2016)
Eisenerz, Alpen sisi Austria (2017)
Levi, Finlandia (2017)
Share:

18 comments:

  1. salam kenal mas Andi....aku numpang belajar ya di blog mas, tq

    ReplyDelete
  2. salam kenal mas..tulisan mas sgt menginspirasi sya

    ReplyDelete
  3. i try to follow your blog, but i could not find it, please guide me to follow your blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, salam kenal Mas dari saya. Saya baru saja menambahkan fitur "blog subscription" di kanan atas halaman ini, silahkan masukkan emailnya disana.

      Delete
  4. salam kenal mas Andi, numpang corat coret di blog ini
    saya sebagai warga merangin turut berterimakasih atas perhatian pemerintah pusat dan semua pihak dalam percepatan geopark merangin menjadi geopark nasional dan dunia

    isna _ blogger merangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Isna, semoga Geopark Merangin bisa lebih mendapat perhatian dan keasriannya terjaga

      Delete
  5. Salam buat dosen-dosen ketika saya masih kuliah di jur Tek Pertambangan ITB ada mas Syafrizal, Pak Aryo, Pak Darto dan Pak Komang......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Pak Risono, semoga Bapak juga sehat dan sukses selalu

      Delete
  6. Salam kenal mas andi, saya sebagai masyarakat penambang rakyat kab. Sukabumi ingin berterimakasih atas tulisan2 mas andi yg peduli dg keberadaan penambang atau gurandil, semoga ke depan mas andi bisa melibatkan diri untuk mewujudkan tambang rakyat yg ramah lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Saputra. Semoga ke depan ada kerjasama yang baik antara dinas pertambangan, dunia pendidikan dan penambang supaya dunia tambang bisa bersinergi dengan lingkungan.

      Delete
  7. I have not checked in here for a while as I thought it was getting boring, but the last several posts are good quality so I guess
    I will add you back to my everyday websitelist. Yoou deserve it my friend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there, nice to meet you (I do not know how to call you :D).

      Thank you for your compliment, I appreciate your comment. As this blog is a combination of science (esp. in geology and mineralogy), my hobby and motivation story, it was not easy for me to accomodate the needs of various people. Therefore, I do appreciate your time for visiting my web.

      Regards,
      Andy

      Delete
  8. Kurt Gulvmand truly stands out . D.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi oleh penulis sebelum tayang. Terima kasih

Last Update

16 November 2017 - Curriculum vitae
14 November 2017 - Beasiswa - Konferensi
26 Oktober 2017 - Atlas mikroskopi bijih
23 Oktober 2017 - Inklusi Fluida

Tentang Penulis

My photo

Apa artinya hidup kalau tidak memberi manfaat untuk orang lain. Mari kita mulai dengan membagi ilmu yang kita ketahui dengan orang lain. Suatu saat, kita akan meninggalkan dunia ini, namun tidak dengan ilmu dan karya kita. Mari mulai berkarya, mari memberi semangat ke sekitar, mari menulis karena menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *