Conversations with the Earth

Wednesday, February 23, 2011

Kenangan Semasa di Himpunan Mahasiswa Tambang ITB

Betapa banyak jalan keluar yang datang setelah rasa putus asa,dan betapa banyak kegembiraan datang setelah kesusahan. Siapa yang berbaik sangka pada Pemilik Arasy, dia akan memetik manisnya buah yang dipetik di tengah-tengah pohon berduri  (Al Qarni – La Tahzan)

Sebuah perubahan dalam sistem,yg dmotori oleh seseorang, sekelompok orang selalu muncul dari kaum yg merasakan keanehan atas ke"habitual"an atau keseharian yg mereka alami. Umumnya perubahan muncul dari kalangan terpelajar, dimana mereka tidak hanya memikirkan apa yang akan terjadi sekarang, namun mereka memikirkan bagaimana hari esok akan berlangsung. Namun untuk berubah, sangat jarang semua berlangsung dlm wktu yg singkat,karena butuh proses yang lama utk memasifkan gerakan tersebut. Menstimulus dan mengajak org lain utk mau dan ikut bergerak sesuai ide-ide baru tersebut tidak lah pernah se gampang yang pernah anda bayangkan. Butuh lebih dari sebuah kepercayaan, karena jaminan dari kemapanan hal tsb di masa depan tidak pernah kita tahu seperti apa. 

Saat kita sadar akan sebuah "weird" tsb, naluri kita utk mendobrak dan mengubah hal tsb,harusny sudah mulai muncul dari dini. Tiada sistem yang sempurna, ada "noise" dan "loss" yg membuat efisiensi sistem tsb tdk 100%. Pun juga dengan HMT, sebuah sistem yang digerakkan oleh sekelompok orang dgn dasar yg sama, keprofesian tambang yg berlandaskan kemahasiswaan dan mengedepankan keleluargaan, pasti mengalami perubahan, dan selalu, semua perubahan itu sgt lah wajar,asalkn menuju ke hal yg lebih baik.

HMT akan selalu berubah dari masa ke masa, namun satu hal yg tidak berubah, nilai-nilai luhur yg akan selalu turun temurun melalui proses penurunan nilai, yg sebagian orang mendefinisikan hal tsb dalam proses "mengkader" dan "dikader." Proses tsb tidak akan berhenti, karena perlu kita ingat, belajar tidak akan mengenal waktu, sampai roh kita lepas dari tenggorokan kita. Proses belajar tsb yg harus tetap ada dlm HMT.

Tantangan masa kini jauh lebih berat dibanding masa-masa sebelumnya, dan aku, sangat menyadari hal tersebut. HMT yg kritis dan solutif, kata para penjaga nilai, itu lah yg diharap dari penerus-penerus kami. Kami hanyalah setitik kecil yg mewarnai keberlangsungan HMT, sisanya teman-teman semua yang akan meneruskan. Namun kecil yang kami lakukan, akan berdampak besar utk perubahan HMT itu ke hal yang lebih baik. 

Mengutip dari konfusius, "I hear and I forget, I see and I remember, I do and I understand." Berpikirlah, Bertindaklah utk HMT yg lebih baik.
Andy Yahya Al Hakim
Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Tambang 2009-2010

Share:

2 comments:

  1. Tak disangka saya bisa mampir ke Blognya Adik Kelas..... hidup HMT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Risono, terima kasih sudah mampir. iya Pak, saya seangkatannya Deni dan Aldino. Semoga Antam sukses selalu

      Delete

Komentar akan dimoderasi oleh penulis sebelum tayang. Terima kasih

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *