Conversations with the Earth

Friday, September 1, 2023

Menulis tentang diri sendiri

Hidup ibarat menulis perjalanan hidup. Tulisan yang kita tulis, itu semua untuk diri sendiri.

Tulisan itu bermacam-macam bisa dari tingkah perilaku kita, bisa dari tutur kata kita, ataupun tulisan yang kita goreskan di sepanjang hidup kita. Tulisan itu tidak selamanya harus terangkai dalam huruf dan kalimat di papan putih bertuliskan tinta hitam. Apa yang dilihat orang, itulah tulisan kita.

Orang lain membaca tulisan itu dari tingkah laku kita tutur kata ataupun apa yang dapat dibaca dari kita. Di zaman yang serba cepat ini, history atau masa lalu kita sangat mudah dicari oleh orang lain. Seperti itu pula dengan Tuhan mencatat amal dan semua tindakan kita. Kalau netizen saja mudah untuk mencari masa lalu kita, apalagi Tuhan?

Tanpa harus ada Artificial Intelligence yang diciptakan manusia, Malaikat Roqib dan Atid Udah mencatat semua tindakan manusia Semenjak dia lahir sampai dia mati. Tulisan hidup kita sudah sangat lengkap.

Tugas manusia adalah menulis tulisan yang baik. Ketika tulisan tersebut ada yang salah, masih ada kesempatan untuk memperbaikinya sebelum waktu untuk menulis tersebut habis. Sama seperti Ketika seorang guru memberikan ujian Kepada muridnya. Guru tersebut akan menilai hasil tulisan tersebut, Baik sudah cukup atau kurang.

Ada yang sudah mempersiapkan ujian dengan sangat baik. ada juga yang belum siap sehingga tulisan yang dia buat, hasilnya seadanya saja.

Kalau hidup kita, dari lahir hingga kita mati adalah tulisan kita sendiri, Apakah kita akan menulis hal yang buruk tentang kita sendiri? 
Kemarin kita sudah menulis;
Hari ini kita sedang menulis; 
Besok pun mungkin kita masih akan menulis.

Tulisan itu yang akan kita baca, atau orang-orang sekitar kita yang akan membacakan untuk kita. Semoga tulisan kita, adalah tulisan yang baik. Tidak hanya baik untuk diri kita sendiri, tapi juga bermanfaat untuk orang lain.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi oleh penulis sebelum tayang. Terima kasih

Blog Archive

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *