Conversations with the Earth

Friday, March 4, 2011

Refleksi untuk hari kemarin, hari ini, dan esok

Setelah melewati banyak hal dalam cerita bergambar yang bernama kehidupan, saya banyak mendapat pelajaran dari banyak orang hebat, yang ternyata mengiringi kehidupan saya hingga saat ini. Dimulai dari orang tua saya, keluarga saya, teman-teman dan sahabat, guru, bahkan seorang sopir yang mendampingi saya ketika di lapangan. Disadari atau tidak, saya berhutang banyak terhadap orang-orang tersebut, yang kepada semua nya tidak akan dapat saya balas satu persatu, dan hutang tersebut yang akan sangat sulit untuk kita bayarkan. Karena masalahnya, hutang harta itu sangat mudah untuk dibayar dan dilunasi, namun hutang budi dan hutang pembelajaran, hal tersebut yang tidak akan mungkin dibayar, dan lunas serta tanpa bekas. 

Foto Ricky Elson: PLT Angin Palindi, Sumba Timur. Salah satu karya anak muda untuk bangsa

Kadang kala kita meremehkan seseorang, seperti "ah, siapa sih anda, baru "anak kemarin" sudah bisa mengatur orang", dan sebagainya dan sebagainya. Tapi alangkah baiknya kalau kita coba mengubah paradigma tersebut, dan anggap siapa pun yang ada di sekitar kita sebagai seseorang dewasa dan "mempunyai nilai" yang dari padanya kita dapat belajar, walau hanya sedikit saja. Tapi tanpa mengesampingkan banyak atau sedikit, kita coba untuk mau menghargai hasil karya orang lain, dimana kita tidak mendewakan hasil yang dicapai dan melupakan proses yang sudah terjadi. Jika ditinjau dalam hal ini, kepribadian seseorang muncul akibat proses pembelajaran yang dia alami selama hidupnya, dan sudah waktunya kita untuk maklum dan mengerti, bahwa ternyata, bukan hanya kita lah orang yang mengalami proses pembelajaran tersebut. Sehingga dari hal tersebut, muncul lah kemakluman untuk mau menerima orang per orang dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 

Saya sadar, ternyata kesuksesan kita tidak ditentukan oleh kita sendiri, namun banyak faktor di sekitar kita yang nanti nya akan menentukan kesuksesan kita. Untuk berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain, sangat mustahil sekali dapat terwujud, sehingga perlu kita pertimbangkan lagi, akankah kita akan mendongakkan dagu ke atas dan berjalan dengan angkuhnya, atau mau untuk merakyat dan mendengarkan apa yang terjadi di sekitar kita. Dan tulisan ini saya buat karena saya perlu lebih banyak lagi untuk ber refleksi diri, karena kita sebagai manusia harus berubah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, bukan malah menujukkan kemunduran dalam perjalanan hidup kita. Berani merefleksikan diri dan berubah menjadi lebih baik. Mengutip pernyataan seorang pemuka agama, untuk mau merubah suatu kondisi, kita ubah dari yang kecil, dari diri kita sendiri, dan dimulai dari sekarang. 

Cobaan yang kita alami saat ini tidak lah seberapa dibanding orang-orang yang kurang beruntung di sekitar kita, karena itu banyak-banyak lah kita bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini, dan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan banyak hal bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kita.

*) Terinspirasi dari orang-orang yang "bukan" apa-apa dan dipandang sebelah mata di kehidupan ini, namun mereka lebih dapat melakukan banyak hal besar daripada yang kita lakukan. 
Share:

3 comments:

  1. spakat bang..

    tak ada satupun yang bisa survive tanpa bantuan orang lain...
    Makhluk sosial adalah hakikat manusia..

    ReplyDelete
  2. iya bener itu ji,, jadi rasanya sangat ga mungkin seseorang bisa berkata saya bisa melakukan segalanya tanpa campur tangan orag lain..ada orang tua, ada kawan, ada guru,,

    ReplyDelete
  3. orang yang berkta sperti itu, selalu mengikuti emosi dan dan mempertahankan egonya bang..

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi oleh penulis sebelum tayang. Terima kasih

Blog Archive

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *