Conversations with the Earth

Wednesday, January 13, 2016

Impact Factor Jurnal Sains Kebumian

Saat jam ngopi di kampus, saya disodori tulisan bagus oleh Professor saya. Tulisan Kurt Stüwe (Universität Graz) yang berjudul "How to write manuscript for a journal" sangat bermanfaat untuk teman-teman yang berkutat di dunia sains kebumian, minimal untuk modal saya. 
sumber: Morcles Nappe (Landschaft im Wandel Vom Matterhorn ins Vulkanland https://www.museum-joanneum.at/ ). Penjelasan geologi Morcles Nappe lihat di halaman ini

Kutipan yang bagus dari Stüwe:
I am a strong believer that review of Bachelor Masters and PhD theses outside the responsibility of the supervisors is the only way to have an objective evaluation system. In fact, for a PhD thesis I maintain that you only deserve one if you actually found out something new and have proven that you can work as an “independent scientist”. 


Tulisan lengkap Stüwe tentang "How to write manuscript for a journal"  bisa diakses di halaman ini.

Sedikit perkenalan tentang Prof Stüwe, dia melakukan perjalanan ke Greenland tahun 2012 yang lalu untuk memperingati 100 tahun teori Alfred Wegener tentang pergerakan lempeng "continental drift" - lempeng bumi bergerak dan menumbuk satu sama lain- , dan ternyata Alfred Wegener juga sempat mengajar di Graz. Teori Alfred pada periode 1910-1950 ditolak berulang-ulang, sampai  akhirnya teori ini diterima untuk menjelaskan bagaimana antar lempeng dapat bergerak satu sama lain. Stüwe juga menggunakan pesawat kecil dan membuat buku "High Above The Alps - A bird view from Geology" , menjelaskan geomorfologi dari Alpen yang "pabeliut"

Dan,,, cukup sudah blogging nya, mari kembali me-riset dan mengumpulkan data untuk jurnal yang berkualitas. 

Pesan moral: 
menulis itu susah, tapi akan lebih susah lagi kalau tidak mencoba

Insya Allah, BISA....



Mt Blanc (4807 m)
Glaurus thrust

Kutipan gambar dari:
http://www.weishaupt.at/neuerscheinungen/391_eine_geo-reise_durch_groenland/





Share:

2 comments:

  1. jadi intinya ... asal mau .. begitu ya ...
    soalnya kalau sudah ga mau .. susah mau bersusah susah ...

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi oleh penulis sebelum tayang. Terima kasih

Blog Archive

Kontak ke Penulis

Name

Email *

Message *